Pages

Pengalaman Traveling ke Singapura

Hai semuanyaaa, udah lama banget engga ngepost, jadi kali ini aku mau cerita pengalamanku selama di Singapura dan Malaysia. Nah aku kesana bareng sama sepupu aku namanya Stella dan temen aku satu namanya Erinda, jadi kita kesana bertiga doang hehehe. Kita kesana tanpa guide tour lho, jadi semua persiapan dilakuin sendiri mau kemana kemananya (biar irit sih ceritanya). Kita beli tiket pesawat sebulan sebelumnya pas ada promo air aisa gitu, rencana awalnya sih mau ke Malaysia dulu, tapi buat pas tanggal itu kok kebetulan engga ada, yawis kita akhirnya ke Singapur dulu baru ke Malay. Nah kita kena sekitar 1,1jt/ orang itu udah pp lho yaa, dari JOG-SING, MAL-JOG lumayan murah kan yaaa hihi. Kita kesana 3 hari di SG dan 3 hari di Malay, biar adil XD.

Hari 1 tanggal 14 Juli 2017:
          Kita berangkat harusnya jam 8 pas, eh tapi apesnya pesawat yang akan kita tumpangi kebetulan kena delay 2jam an, akhirnya nunggu lamaaa banget. Padahal berangkat dari rumah udah jam 5an biar ngga telat -_-. Sekitar jam 12 siang akhirnya kita sampe deeh di bandara Changi (jangan lupa ngganti jam lho ya, soalnya kecepetan 1 jam ehehehe). Kesan pertama : Bersih bangeeet, pokoknya arsitekturnya menarik hehehe. Disini kita ketemu banyak orang (ya iyalah) dari berbagai etnis. Paling banyak sih etnis Tionghoa, India. Turis dari Indonesia juga lumayan banyak lhoh.
Gambar 1: Bandara Changi
          Pas sampe sini kita langsung menuju bagian imigrasi dulu (bapak2 yang jaga bentukannya agak serem gitu, tapi baik siih). Dibagian imigrasi ini gaboleh foto-foto lho yaa. Setelah selesai ngurus bagian imigrasi, terus kita tanya tanya kalo mau beli STP (Singapore Tourist Pass) buat naik MRT (Mass Rapid Transit) di bagian mana, akhirnya dikasih tau tempatnya (agak terpencil sih dan susah nyarinya). Kenapa kita beli STP? Soalnya kan kita mau keliling2 Singapur yang jaraknya jauh jauh, jadi biar lebih enak pake STP jadi ngga usah itung2 an saldo dan tinggal tap tap kartu aja. Jadi kartu STP ini diperuntukkan buat turis yang mau keliling2 Singapur dalam waktu 1-3 hari aja. Kita beli yang harganya $20 buat 3 hari, tapi harus bayar $30 dulu nanti $10 dikembalikan pas kita ngembaliin kartu. Kalo mau pake kartu EZ link juga bisa diisi saldo sesuai yang kita pengenin, tapi kan kita males buat isi ulang kan yaaa jadinya beli STP ajaa hehehe.
          Setelah kita semua dapet kartu, kita menuju Stasiun MRT Changi yang arah mau ke Bugis. Kita tinggal di hotel backpacker Shophouse daerah Arab Street yang jaraknya +-750 meter dari stasiun MRT Bugis (kita jalan lumayan jauh :(((, so capek), jadi saran aja kalo mau milih penginapan, pilih yang jaraknya deket sama stasiun MRT ajaa, biar kalo kemana-mana engga capek :". Harganya pas itu $20 per malam nya dan kita menginap 3 hari 2 malam :). Kita sampe Shophouse sekitar jam 4 sorean terus check in dan istirahat + makan + sholat (akhirnyaaaa). Oiyaaaa, sebelumnya kita booking dulu penginapannya sebelum berangkat, biar ngga keduluan sama orang lain pake booking.com. Kita cuma perlu nyiapin kartu debet (kalo misalnya ngga punya kartu kredit hehe), ktp/passpor (maap agak lupa bagian ini) buat proses di booking.com dan itu belum dikenakan biaya kok, jadi bayarnya pas sampe di hotelnya, dan bisa cancel sewaktu waktu juga ngga papa, enak banget pokoknya. Disini tempatnya lumayan nyaman, bersih, free wifi (kita ngga beli kartu dan hanya mengandalkan wifi hehe)  dan ada rooftop nyaa. Ada juga ibu ibu yang biasanya bersihin baik banget buat ngasih tau (meskipun kalo ngomong kadang ngga jelas soalnya pake bahasa cina XD hehehe), ibuknya ini sangat murah senyum. Jadi enak banget kalo ada apa apa (itu nilai plus buat saya). Oiyaa lupa, kalo makan kita belinya di 7eleven soalnya agak murah hehehe, ayam lemak sekitar $2,5.

Gambar 2: Ini penampakan dari rooftop nya gengs

Jam udah menunjukkan pukul setengah 6 sore, tapi masih terang banget disinii. Jadi jangan heran kalo jam 8 rasanya masih kayak maghrib. Buat kalian yang islam, kalo kalian bingung jam berapa aja waktu sholat jangan lupa tanya sama mbah gugel ya XD, terus kalo arah kiblat kita pake logika+feeling aja huhu :". Habis istirahat, sholat dll kita mulai menjelajah hehehe, yang pertama kita tuju adalah Haji Lane. Tempat tersebut lumayan artistik dan pas banget buat foto foto gituu, menurutku semua lokasi di Singapur itu indah banget dan instagramable wkwkwk. Kalo kita abis jalan-jalan kan pasti turunnya di Stasiun Bugis, nah kalo mau ke hotel pasti lewat sini terus. Ini ada beberapa fotonya tapi jangan disalah gunakan lho ya hehehe XD :

Gambar 3-4: Waktu di Haji Lane
          Di foto ketiga itu diambil sekitar jam 6 malem, masih terang kan yaaa XD. Terus dari Haji Lane kita menuju Stasiun Bugis untuk naik MRT ke arah Chinatown. Di MRT buanyaak banget orangnya, tapi masih dapet kursi siih. Jam jam kereta juga tepat waktu dan misal ketinggalan pun nunggu nya engga begitu lama. Pokoknya ini public transportation dabest deh. Nah waktu naik MRT ini aku ada pengalaman pas di stasiun make eskalator nya. Ternyata oh ternyata disini udah kebiasaan kalo pake eskalator lajur kiri buat yang santai dan lajur kanan buat yang buru-buru. Pundakku pernah ditepuk gegara aku berdiri di lajur kanan hehehe (malu banget pas ini), untung orangnya engga marah. Orang orang disini kalo jalan pada cepet-cepet banget dan kayak ngga pernah capek buat jalan jauh huhu. Pas di Chinatown ini tempatnya ramee banget dan seperti biasa, kita foto-foto ditempat ini hehehe

Gambar 5 : Waktu di Chinatown
           Habis dari Chinatown, sebenernya kita mau ke Clark Quey, tapi ngga nemu nemu tempatnya. dan pas nanya orang malah mereka pada ngga tau dan seperti acuh tak acuh huhu sediiih :", akhirnya kita memutuskan untuk menuju Gardens by The Bay buat nonton Gardens Rhapsody. Disini pemandangannya bagus bangeeeet, sungguh mata ini sangat amat dimanjakan ditambah dengan suara musik ala ala disney gituu yang ternyata suaranya berasal dari pohon. Ngga bakalan rugi kesini geengs. Kalo ada waktu + rejeki lagi aku mesti mau dateng kesini lagi. Pokonya aslinya lebih bagus daripada yang di foto!.

Gambar 7-8 : Waktu di Gardens by The Bay.

Setelah kita nonton Gardens Rhapsody, kita langsung pulang soalnya udah capeek banget jalan jauh. Pokoknya disini tu harus nyiapin tenaga buat jalan jauh hehehe. Untuk hari kedua dan seterusnya di post selanjutnya yaa, udah capek nulis soalnya maafkan :)). Terimakasih yang sudah mau baca :D